Selamat Datang di Pendopo Cinta

Minggu, 02 Juni 2013

Tips Membuat komputer Lebih Cepat

Tips Membuat komputer Lebih Cepat

Siapa pun yang memiliki komputer pasti  menginginkan komputernya lebih cepat atau paling tidak berjalan secara normal. Namun terkadang permasalahan yang timbul adalah komputer kita lebih lambat dari biasanya, atau bahkan sangat lelet. Berbeda sekali kecepatannya ketika kita baru membelinya dari dealler.


Komputer yang lambat kadang membuat kita jengkel karena harus menunggu lebih lama. Membuka 1 aplikasi saja nunggunya terkadang sampai beberapa menit baru bisa terbuka. Agar komputer kita tidak membuat kita jengkel, maka kita harus tau bagaimana agar komputer kita terjaga kecepatannya. Berikut ini ada beberapa tips yang harus kita perhatikan.

1. Jangan Terlalu banyak Menggunakan Icon Dekstop

Sering kita lihat dengan  banyaknya aplikasi yang kita install membuat dekstop kita kelihatan amburadul dan berantakan karena banyaknya icon. Sebisa mungkin kita hapus dan mnimalisir banyaknya icon tersebut. Gunakanlah Icon dekstop pada aplikasi yang sering kita gunakan. Karena ternyata banyaknya icon tersebut juga berpengaruh pada speed atau kecepatan komputer kita.

2. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Volume Hard Drive yang kita miliki sangat berpengaruh bagi kecepatan komputer kita. Semakin besar volum Hard Drive yang kita miliki akan semakin bagus kulitas speed bagi komputer kita, begitu juga sebaliknya. Banyaknya aplikasi di komputer kita akan mengurangi jumlah volume Hard Drive, dengan demikian maka otomatis akan berpengaruh juga pada kecepatan sebuah komputer. Oleh karenanya  gunakanlah aplikasi yang penting bagi kita, dan tanggalkan aplikasi yang kurang penting, hal ini  untuk menghemat volume.

3. Gunakan Antivirus Update

Mungkin kita sudah mengenal yang namanya virus, virus merupakan program jahat bagi komputer kita.  Selain memang ada virus yang memang secara khusus memperlambat komputer, penyebaran virus juga akan membuat volume Hard Drive pada komputer kita menjadi semakin penuh. Seperti yang kita tau virus bisa menggandakan diri sebanyak banyaknya. Oleh karenanya kita bisa menjaga penyebaran virus dengan antivirus yang up to date pastinya.

4. Matikan PC Kita  Dengan Cara Yang Aman

Mungkin karena terburu buru atau alasan lain kita sering mematikan komputer kita dengan cara menekan tombol power. Memang hal ini tidak berpengaruh langsung pada hard drive, akan tetapi mematikan komputer dengan cara seperti ini akan  merusak pada file sistem. Sistem tidak akan bekerja secara normal, yang bisa saja membuat processing pada komputer kita menjadi lambat atau tidak bisa sama sekali.

5. Gunakan Software Terbaru

Menggunakan software terbaru atau update software sangatlah penting, Mengapa?? File sistem sebuah software bisa saja rusak, entah karena virus atau penyebab kerusakan lainnya. Selain itu software yang tidak update atau menggunakan versi lama memiliki banyak celah sehingga dengan mudah akan terserang oleh virus.

Tips ini hanya bisa mempercepat komputer pada sebagian faktor yang menjadi penyebab lambatnya kinerja sebuah komputer. Masih banya penyebab lainnya yang tidak bisa diatasi dengan tips ini, seperti faktor lemahnya hardware.

Sumber: http://www.syafir.com/2011/07/02/tips-mengatasi-komputer-lambat dan  http://tips4pc.com/articles/computer%20maintenance/make-your-computer-faster-and-enjoy-better-internet.htm

Tidak ada komentar: