Selamat Datang di Pendopo Cinta

Kamis, 12 September 2013


Saat kita download film di internet biasanya kita mendapatkan file film berekstensi atau berformat .mkv, .mp4, .avi, atau .mpg, dan lain2. Nah dari semua jenis ekstensi file film tersebut yang bisa dimainkan di DVD Player hanya .avi dan .mpg. Tetapi masalahnya sekarang kebanyakan file2 film yang ada di situs download film gratisan hanya menyediakan file film dengan ekstensi .mkv (mastroka file), karena tipe ekstensi ini mempunyai keunggulan dengan ukuran file yang kecil (±400-700 mb) tetapi mempunyai kualitas video dan audio HD (High Definition).

Untuk memainkan file film hasil download di DVD Player kita hanya perlu merubah (converting) file berekstensi .mkv tersebut dengan software video converter ke file yang dapat dibaca oleh sistem di dalam DVD player. Saya sarankan convert file .mkv menjadi .avi dengan video codec (xvid). Karena tipe ekstensi ini mempunyai kualitas gambar yang seperti MPEG2 (DVD) tetapi dengan ukuran file yang relatif kecil dan yang paling penting bisa dibaca dan dimainkan oleh DVD player. 

Untuk selengkapnya saya jabarkan sebagai berikut:

1.\tPertama siapkan software converternya. Dalam tutorial ini saya menggunakan Any Video Converter karena saya rasa converter ini mempunyai hasil yang bagus, serta mudah pengoperasiannya. Bagi yang belum punya silakan download di link disini


2.\tSetelah converter siap, kita mulai proses converting, caranya klic add video files, kemudian pilih file film yang diinginkan.


3.\tSelanjutanya pilih output profile yang kita ingingkan. Dalam hal ini kita harus merubah ekstensi file asal (original) menjadi .avi. Dalam video options kita pilih video codec (xvid). Lalu kita pilih frame size 720x480 pixel, karena DVD hanya mampu memainkan file sebesar itu. Jika frame size lebih kecil dari 720x480 pixel, maka setting saja dengan ukuran original.

Tidak ada komentar: